Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tafsiran Kisah Para Rasul 6

TAFSIRAN KISAH PARA RASUL 6:1-15
PELAYANAN PENUH KUASA
 










Hasil laporan ini diserahkan kepada Sekolah
Tinggi Teologi “INTHEOS” Surakarta
sebagai syarat memenuhi Mata Kuliah
Tafsir Perjanjian Baru II


Oleh:

Gersom Kurniawan
Natanael Apriyanto Tarigan
Donny P
Thetaf Bangkit



SEKOLAH TINGGI TEOLOGI “INTHEOS”
SURAKARTA
2015
TAFSIRAN KISAH PARA RASUL 6:1-15
Analisa Teks
Batasan Teks
            Kisah Para Rasul  pasal 6 terdiri dari 15 ayat. Dalam judul kami memberi judul tafsiran Kisah Para Rasul 6:1-15. Namun disini kami memberikan batasan teks dari ayat 3  merupakan batasan teks atas dan  ayat 10 merupakan batasan teks bawah.
Anotasi Teks
            Pada ayat 3 terdapat kata “episkepsaste” yang berbentuk verb 2 plural aorist middle imperative (kata kerja kedua jamak sedang terjadi aktif sama dengan kata pasif perintah)  , yang memiliki arti “pilihlah atau tiliklah”. Asal kata dari episkeptomai muncul 11 kali dalam Perjanjian Baru yang berarti menilik, mengunjungi, memilih, merawat, datang menolong. Bersifat aorist yang berarti peristiwanya sudah terjadi sekali dan akan terulang dan kata ini juga bersifat middle yang artinya adalah aktif dengan kata pasif kata tersebut juga merupakan suatu perintah. Maksudnya adalah pengertian menilik. Mengunjungi, memilih, merawat, datang menolong memiliki artian suatu perintah yang bersifat aktif dan juga pasif, perintah tersebut memang bersifat terjadi sekali tetapi dampaknya masih berlanjut sampai sekarang. Kata selanjutnya adalah “plereis pneumatos” yang berbentuk adjective masculine plural accusative no degree (for plereis), noun neuter singular genetive (for pneumatos). Asal kata dari pleres muncul 16 kali yang berarti penuh, sepenuhnya. Kata ini berbentuk kata sifat maskulin jamak objek tanpa keterangan. Kata penuh, sepenuhnya memiliki artian kata sifat dari suatu objek yang  maskuline berjumlah jamak. Kata pneumatos berasal dari kata “pneuma” yang muncul 379 kali yang berarti nafas, angin, roh, dan sikap. Kata ini berbentuk kata benda netral tunggal milik/kepunyaan.





Terjemahan Penulis
            Disini penulis memberi terjemahan akhir dengan mempertimbangkan bahasa aslinya,
Ayat.3 “jadi pilihlah hai saudara-saudara, orang-orang dari kamu yang dikatakan baik tujuh orang, yang penuh Roh dan hikmat, yang kami akan mengangkat atas tugas ini”
Ayat.4 “tetapi kami sendiri, akan bertekun dalam doa dan dalam pelayanan Kabar Baik”
Ayat.5 “lalu perkataan itu menyenangkan bagi seluruh jemaat itu, maka mereka memilih Stefanus seorang yang penuh dengan iman dan Roh Kudus dan Pilipus dan Prokhorus dan Nikanor dan Timon dan Parmenas dan Nikolaus penganut agama Yahudi orang Anthiokia.
Ayat.6 “ Rasul-rasul menyuruh mereka berdiri di depan dan setelah berdoa mereka(rasul-rasul) meletakkan tangan atas mereka”
Ayat.7 “Maka Injil dari Allah terus tersebar dan jumlah murid-murid di Yerusalem bertambah dan sejumlah besar imam-imam menjadi percaya.”
Ayat.8 “adapun Stefanus penuh dengan anugerah dan kuasa melakukan keajaibab-keajaiban dan tanda besar di antara rakyat”
Ayat.9 “tetapi beberapa orang datang dari jemaat sinagoge yang dipanggil orang-orang bebas yaitu orang-orang Kirene dan orang-orang Aleksandria beserta dari Kilikia dan dari Asia berdebat dengan Stefanus”
Ayat.10 “tetapi tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang berbicara”

Terjemahan pembanding
Ditulis dalam Terjemahan Lama
6:3 Sebab itu, hai Saudara sekalian, pilihlah di antara kamu tujuh orang yang terpuji dan penuh dengan Rohulkudus dan hikmat, yang dapat kami wakilkan atas pekerjaan ini.
6:4 Tetapi kami ini kelak tetap di dalam doa dan di dalam hal menjalankan firman itu."
6:5 Maka perkataan ini diperkenankan oleh sekalian orang banyak itu, lalu memilih Stepanus, yaitu seorang yang penuh dengan iman dan Rohulkudus, dan lagi Pilipus, dan Prokhorus, dan Nikanor, dan Timon, dan Parmenas, dan Nikolaus, yaitu seorang mualaf asalnya dari negeri Antiokhia.
6:6 Maka sekalian orang itu dibawanya menghadap rasul-rasul; lalu rasul itu pun berdoa, dan meletakkan tangannya ke atas mereka itu.
6:7 Maka makin masyhurlah firman Allah itu, dan bilangan murid-murid pun bertambahlah banyak di Yeruzalem; dan amatlah banyak imam juga taat kepada iman.
6:8 Maka Stepanus yang penuh dengan anugerah dan kuasa itu pun mengadakanlah beberapa mujizat dan tanda ajaib yang besar di antara kaum.
6:9 Tetapi beberapa orang yang terhisab kepada rumah sembahyang, yang dikatakan rumah sembahyang orang Libertini dan orang Kireni dan orang Iskandaria dan lagi orang Kilikia dan Asia, bangkit berbalah-balah dengan Stepanus.
6:10 Maka tiada dapat mereka itu melawan yang dikatakannya dengan hikmat dan Roh itu.
Evaluasi Terjemahan
            Dalam ayat 3 dalam terjemahan baru ditulis dengan kata “Roh”, tetapi dalam terjemahan Lama ditulis dengan kata “Roh Kudus”. Penulis setuju dengan terjemahan baru sebab dalam teks asli kata Roh ditulis dengan kata pneumatos yang berarti “Roh’ sebenarnya bisa ditulis sebagai Roh Kudus/ Roh Allah tetapi penulis cenderung menggunakan kata Roh dengan alasan pneumatos tidak disertai dengan kata hagios yang berarti kudus. Disini penulis bukan berarti mengartikan kata pneumatos hanya Roh saja namun penulis ingin memperjelas kepada pembaca bahwa kata pneuma dan hgios bisa berdiri sendiri.

Bentuk
Konteks Umum
            Teks ini berbicara mengenai pemilihan tujuh pelayan meja kepada janda-janda. Tujuh orang itu adalah Stefanus, Filipud, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus dan mereka di doakan oleh rasul-rasul yang kemudian rasul-rasul meletakkan tangan atas mereka sebagai simbol memberi urapan sebelum mereka terjun ke palayanan meja yang sebenarnya.
Konteks Khusus
Konteks Dekat
            Ketidakpuasan orang-orang yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena terjadi pengabaian pembagian berkat.
Konteks Jauh
            Terdapat pada jemaaat mula-mula yang sehati dan sejiwa untuk menjual tanah dan rumahnya dan hasil penjualan itu mereka bagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.
Sitz Im Leben (Setting In Life)
            Terjadi di Yerusalem pada pemerintahan Herodes Agripa I. Umat gereja di Yerusalem sebagian besar adalah Orang Yahudi, meskipun mereka terdiri dari dua golongan yaitu, orang-orang Ibrani dikalangan Yahudi Palestina dan Orang-orang Helenis di kalangan Yahudi diaspora. Ini merupakan masalah pertama dalam pelayanan meja pertama dalam pembagian berkat kepada janda-janda.
Jenis teks
            Teks ini masuk dalam Teks Sejarah ditulis pada tahun 30-60 Masehi. Karena urutan periode yang tercakup dalam KPR berlangsung sejak penyaliban Kristus hingga akhir masa penahan Paulus di Roma.
Ragam Teks
            Dalam teks memiliki Ragam Teks yang bersifat Parametis (Nasihat). Tertulis dalam ayat 3- 5:
6:3 Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,
6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."
6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.

            Dalam 3-5 terdapat kalimat nasehat yang tecetak seperti berikut ini,:
-          Pilihlah
-          Usul itu diterima
Tempat dan Waktu
Sosial
            Janda-janda miskin yang mendapat berkat dari hasil penjualan tanah atau rumah jemaat mula-mula. Terjadi perdebatan antara Stefanus dengan Jemaat Yahudi yang disebut Jemaat Orang Libertini (kumpulan orang-orang dari Kirena dan Aleksandria).
Budaya
            Yudaisme dan Helenisme. Yudaisme adalah penganut ajaran Hukum Taurat. Helenisme adalah penganut ajaran Yunani Kuno (dewa-dewa Yunani Kuno).
Geografis
            Yerusalem. Yerusalem adalah tempat permulaan kekristenan. Di Yerusalem Yesus Kristus disalibkan dan dibangkitkan dari antara orang mati. Juga di Yerusalem, Kristus yang dimuliakan mencurahkan Roh Kudus atas para murid-Nya pada hari Pentakosta (pasal Kis 2:1-47). Dari kota itu amanat Injil Yesus Kristus menyebar "hingga ke ujung-ujung bumi" (Kis 1:8; bd. Luk 24:47). Gereja di Yerusalem menjadi gereja induk dari semua gereja dan gereja pusat para rasul (Kis 1:12-26; Kis 8:1). Ketika muncul pertentangan pendapat mengenai apakah orang bukan Yahudi yang percaya kepada Yesus harus disunat, di Yerusalemlah sidang gereja yang pertama berkumpul untuk menyelesaikan masalah ini (Kis 15:1-31; Gal 2:1-10).
Politik
            Pemerintahan Herodes Agripa I. Agripa I (10 SM - 44 M) merupakan penguasa Yudea, cucu dari Herodes Agung, dan anak dari Aristobulus IV dan Bernike. Nama aslinya adalah Marcus Julius Agrippa, dan dia adalah raja yang disebut Herodes dalam Kisah Para Rasul 12, "Herodes (Agripa)" (Ἡρώδης Ἀγρίππας). Menurut Josephus, ia dikenal sebagai "Agripa Agung" pada zamannya. Ia menyuruh bunuh rasul Yakobusdan memenjarakan rasul Petrus (Kis.12).
Ekonomi
            Pekerjaan jemaat pada masa itu adalah Petani (4:37 Ia menjual ladang)
Tafsiran
Kis.6:3 Penuh Roh dan Hikmat
1.      Ungkapan penuh dengan Roh Kudus mengungkapkan suatu sifat atau keadaan yang berkesinambungan di dalam orang percaya yang diakibatkan oleh kepenuhan Roh Kudus.
2.      Istilah dipenuhi dengan Roh Kudus dipakai dengan tiga pengertian sebagai berikut;
a.       Itu untuk menunjukkan penerimaan baptisan dalam Roh Kudus.

b.      Untuk menunjukkan pemberian kuasa kepada seorang atau orang-orang percaya pada saat tertentu untuk berbicara di bawah naungan Roh Kudus.
c.       Untuk menunjukkan suatu pelayanan nubuat umum yang diilhami atau diurapi Roh Kudus tanpa menyebutkan masa pelayanan tersebut.
3.      Setelah menerima baptisan dalam Roh pertama kali, orang percaya yang dengan setia hidup dalam Roh, sambil mematikan kehidupan daging.
Dapat digambarkan sebagai “penuh dengan Roh Kudus”, yaitu memelihara kepenuhan Roh yang mendiami diri mereka. Juga mereka yang memelihara kepenuhan Roh boleh menerima pengisian baru dengan Roh untuk suatu maksud atau tugas tertentu khususnya suatu kesanggupan ilahi untuk berbicara di bawah dorongan Roh Kudus.
Scopus (Tujuan Penulisan)
            Kisah Para Rasul adalah buku kedua dari tulisan Lukas, maka masuk akal jika orang percaya menduga bahwa tujuan penulisan jelas dinyatakan dalam pembukaan injil lukas akan berlaku pada kitab ini. Tujuan utama injil lukas bersifat sejarah dan hal ini dianggap sebagai tujuan utama kisah para rasul, lepas dari tujuan lain lepas dari penyusunannya.
Kisah Para Rasul sebagai suatu kisah sejarah
            Dapat dikatakan bahwa lukas memiliki keinginan karyanya bersifat sejarah. Karna jangkauan subjek sangat luas, ia bersikap selektif. Catatan sejarah sebelum kisah kehidupan dan Karya Paulus agak terpotong-potong dan mengesankan lukas ingin sampai pada paulus secepat mungkin.
Kisah Para Rasul sebagai Karya Roh Kudus
            Injil Lukas-Kisah Para Rasul harus dianggap sebagai satu kesatuan, dan karena Kitab pertama memiliki sikap injil, maka kitab harus dilihat dari terang ini. Bagi penulis, kesadaran akan aktivitas ilahi dibalik semua peristiwa ini sangat penting, sehingga ia sangat menekankan karya Roh Kudus.
Kisah Para Rasul sebagai Suatu Apologia
            Dalam rumusan di atas belum menjelaskan beberapa materi yang Lukas pilih sehingga beberapa theolog mengusulkan tujuan apologetika. Penulis tampaknya mau menunjukkan kaitan erat antara Kekristenan dan Yudaisme pendahulunya. Orang-orang Kristen dan Paulus sendiri masih melaksanakan tuntutan upacara Yahudi.
Kisah Para Rasul sebagai Dokumen Theologis
            Theolog melangkah lebih jauh dan melihat Lukas sebagai sejarawan yang sepenuhnya dikuasai oleh maksud theologis. Narasinya tidak dilihat sebagai rekaman peristiwa tetapi sebagai tafsiran atas peristiwa. Haenchen menegaskan teori serupa tetapi melihat Kisah para rasul sebagai karya yang mendidik, di mana penulis memakai sarana sastra untuk menolong pembacanya mengingat semua peristiwa ini, dan untuk itu, ia memakai materi yang ia miliki dengan kebebasan yang cukup besar.
Aplikasi
            Jadi dalam kehidupan gereja mula-mula untuk menentukan para pelayan para rasul tidak mengambil keputusan sendiri, sekalipun mereka mempunyai kuasa mutlak untuk menentukan keputusannya. Prinsip-prinsip yang dapat dipelajarai bagi gereja masa kini antara lain: pertama: demokrasi. Kedua: murid-murid atau anggota jemaat memilih, ketiga; para murid atau anggota jemaat mengusulkan.
            Hal yang menarik dari bagian ini murid-murid memilih para diaken tidak asal memilih atau like dislike, akan tetapi para rasul memberikan beberapa syarat antara lain;
                        Pertama; terkenal baik, kata Yunani marturoumenous berasal dari kata martureo yang berarti kesaksian yang baik, membuktikan hidupnya baik, mempunyai kesaksian hidup yang berkualitas.Sebagai diaken mempunyai of good reputation (mempunyai reputasi yang baik).Kata itu mempunyai arti laki-laki yang dapat menghasilkan kesaksian yang baik dalam tingkah laku, tutur kata dan percakapan.Orang yang bebas dari skandal, orang-orang yang berintegritas, dan orang-orang setia,sebagai orang-orang yang dapat dipercaya, tidak cacat di dalam persekutuan, tetapi sebaliknya orang yang dibicarakan kebajikannya dan patut dipuji.
                        Kedua; Mereka harus penuh Roh Kudus, mempunyai karunia-krunia Roh Kudus yang dibutuhkan dalam pelayanan meja, sehingga pelayanan mereka efektif dan menjawab kebutuhan yang dilayani. Mereka tidak hanya laki-laki yang jujur, tetapi mereka harus menjadi orang ng mempunyai kemampuan karena dipimpin oleh Roh Kudus dan orang mempunyai keberanian dalam melayani, orang-orang yang takut akan Allah oleh Roh Kudus, orang-orang memperjuangkan kebenaran, dan membenci ketamakan. Mereka orang dipimpin oleh Roh Kudus dalam hidupnya dan pelaynannya.Thirdly, They must be full of wisdom. It was not enough that they were honest, good men, but they must be discreet, judicious men, that could not be imposed upon, and would order things for the best, and with consideration: full of the Holy Ghost, and wisdom, that is, of the Holy Ghost as a Spirit of wisdom.
                        Dan ketiga; Mereka harus penuh dengan hikmat. Syarat menjadi diaken tidak cukuphanya mereka penuh Roh kudus dan dikenal baik, tetapi mereka harus berhati-hati, bijaksana, orang yang tidak dapat berkompromi dengan dosa, syarat ini ada kaitannya dengan penuh dengan Roh Kudus, karena penuh dengan Roh Kudus mereka akan menjadi bijaksana.Walaupun kata bijaksana yang diberikan oleh Roh, sebagai bentuk kata yang berbeda dengan kata pengetahuan oleh Roh (1 Kor 12:8).Those must be full of wisdom who are entrusted with public money, that it may be disposed of, not only with fidelity, but with frugality.[2.] The people must nominate the persons: "Look you out among yourselves seven men; consider among yourselves who are the fittest for such a trust, and whom you can with the most satisfaction confide in.'' They might be presumed to know better, or at least were fitter to enquire, what character men had, than the apostles; and therefore they are entrusted with the choice.[3.] They apostles will ordain them to the service, will give them their charge, that they may know what they have to do and make conscience of doing it, and give them their authority, that the persons concerned may know whom they are to apply to, and submit to, in affairs of that nature: Men, whom we may appoint. In many editions of our English Bibles there has been an error of the press here; for they have read it, whom ye may appoint, as if the power were in the people; whereas it was certainly in the apostles: whom we may appoint over this business, to take care of it, and to see that there be neither waste nor want.(3.) The apostles engage to addict themselves wholly to their work as ministers, and the more closely if they can but get fairly quit of this troublesome office (v. 4): We will give ourselves continually to prayer, and to the ministry of the word. See here, [1.] What are the two great gospel ordinances— the word, and prayer; by these two communion between God and his people is kept up and maintained; by the word he speaks to them, and by prayer they speak to him; and these have a mutual reference to each other. By these two the kingdom of Christ must be advanced, and additions made to it; we must prophesy upon the dry bones, and then pray for a spirit of life from God to enter into them. By the word and prayer other ordinances are sanctified to us, and sacraments have their efficacy. [2.] What is the great business of gospel ministers—to give themselves continually to prayer, and to the ministry of the word; they must still be either fitting and furnishing themselves for those services, or employing themselves in them; either publicly or privately; in the stated times, or out of them. They must be God's mouth to the people in the ministry of the word, and the people's mouth to God in prayer. In order to the conviction and conversion of sinners, and the edification and consolation of saints, we must not only offer up our prayers for them, but we must minister the word to them, seconding our prayers with our endeavours, in the use of appointed means. Nor must we only minister the word to them, but we must pray for them, that it may be effectual; for God's grace can do all without our preaching, but our preaching can do nothing without God's grace. The apostles were endued with extraordinary gifts of the Holy Ghost, tongues and miracles; and yet that to which they gave themselves continually was preaching and praying, by which they might edify the church: and those ministers, without doubt, are the successors of the apostles (not in the plenitude of the apostolical power—those are daring usurpers who pretend to this, but in the best and most excellent of the apostolical works) who give themselves continually to prayer, and to the ministry of the word; and such Christ will always be with, even to the end of the world. 2. How this proposal was agreed to, and presently put in execution, by the disciples. It was not imposed upon them by an absolute power, though they might have been bold in Christ to do this (Philem. 8), but proposed, as that which was highly convenient, and then the saying pleased the whole multitude, v. 5. It pleased them to see the apostles so willing to have themselves discharged from intermeddling in secular affairs, and to transmit them to others; it pleased them to hear that they would give themselves to the word and prayer; and therefore they neither disputed the matter nor deferred the execution of it.(1.) They pitched upon the persons. It is not probable that they all cast their eye upon the same men. Everyone had his friend, whom he thought well of. But the majority of votes fell upon the persons here named; and the rest both of the candidates and the electors acquiesced, and made no disturbance, as the members of societies in such cases ought to do. An apostle, who was an extraordinary officer, was chosen by lot, which is more immediately the act of God; but the overseers of the poor were chosen by the suffrage of the people, in which yet a regard is to be had to the providence of God, who has all men's hearts and tongues in his hand. We have a list of the persons chosen. Some think they were such as were before of the seventy disciples; but this is not likely, for they were ordained by Christ himself, long since, to preach the gospel; and there was not more reason that they should leave the word of God to serve tables than that the apostles should. It is therefore more probable that they were of those that were converted since the pouring out of the Spirit; for it was promised to all that would be baptized that they should receive the gift of the Holy Ghost; and the gift, according to that promise, is that fulness of the Holy Ghost which was required in those that were to be chosen to this service. We may further conjecture, concerning these seven, [1.] That they were such as had sold their estates, and brought the money into the common stock; for caeteris paribus—other things being equal, those were fittest to be entrusted with the distribution of it who had been most generous in the contribution to it. [2.] That these seven were all of the Grecian or Hellenist Jews, for they have all Greek names, and this would be most likely to silence the murmurings of the Grecians (which occasioned this institution), to have the trust lodged in those that were foreigners, like themselves, who would be sure not to neglect them. Nicolas, it is plain, was one of them, for he was a proselyte of Antioch; and some think the manner of expression intimates that they were all proselytes of Jerusalem, as he was of Antioch. The first named is Stephen, the glory of these septemviri, a man full of faith and of the Holy Ghost; he had a strong faith in the doctrine of Christ, and was full of it above most; full of fidelity, full of courage (so some), for he was full of the Holy Ghost, of his gifts and graces. He was an extraordinary man, and excelled in every thing that was good; his name signifies a crown. Phillip is put next, because he, having used this office of a deacon well, thereby obtained a good degree, and was afterwards ordained to the office of an evangelist, a companion and assistant to the apostles, for so he is expressly called, ch. 21:8. Compare Eph. 4:11. And his preaching and baptizing (which we read of ch. 8:12) were certainly not as a deacon (for it is plain that that office was serving tables, in opposition to the ministry of the word ), but as an evangelist; and, when he was preferred to that office, we have reason to think he quitted this office, as incompatible with that. As for Stephen, nothing we find done by him proves him to be a preacher of the gospel; for he only disputes in the schools, and pleads for his life at the bar, v. 9, and ch. 7:2. The last named is Nicolas, who, some say, afterwards degenerated (as the Judas among these seven) and was the founder of the sect of the Nicolaitans which we read of (Rev. 2:6, 15), and which Christ there says, once and again, was a thing he hated. But some of the ancients clear him from this charge, and tell us that, though that vile impure sect denominated themselves from him, yet it was unjustly, and because he only insisted much upon it that those that had wives should be as though they had none, thence they wickedly inferred that those that had wives should have them in common, which therefore Tertullian, when he speaks of the community of goods, particularly excepts: Omnia indiscreta apud nos, praeter uxores—All things are common among us, except our wives. —Apol. cap, 39.(2.) The apostles appointed them to this work of serving tables for the present, v. 6. The people presented them to the apostles, who approved their choice, and ordained them. [1.] They prayed with them, and for them, that God would give them more and more of the Holy Ghost and of wisdom—that he would qualify them for the service to which they were called, and own them in it, and make them thereby a blessing to the church, and particularly to the poor of the flock. All that are employed in the service of the church ought to be committed to the conduct of the divine grace by the prayers of the church. [2.] They laid their hands on them, that is, they blessed them in the name of the Lord, for laying on hands was used in blessing; so Jacob blessed both the sons of Joseph; and, without controversy, the less is blessed of the greater (Heb. 7:7); the deacons are blessed by the apostles, and the overseers of the poor by the pastors of the congregation. Having by prayer implored a blessing upon them, they did by the laying on of hands assure them that the blessing was conferred in answer to the prayer; and this was giving them authority to execute that office, and laying an obligation upon the people to be observant of them therein.III. The advancement of the church hereupon. When things were thus put into good order in the church (grievances were redressed and discontents silenced) then religion got ground, v. 7. 1. The word of God increased. Now that the apostles resolved to stick more closely than ever to their preaching, it spread the gospel further, and brought it home with the more power. Ministers disentangling themselves from secular employments, and addicting themselves entirely and vigorously to their work, will contribute very much, as a means, to the success of the gospel. The word of God is said to increase as the seed sown increases when it comes up again thirty, sixty, a hundred fold. 2. Christians became numerous: The number of the disciples multiplied in Jerusalem greatly. When Christ was upon earth, his ministry had least success in Jerusalem; yet now that city affords most converts. God has his remnant even in the worst of places. 3. A great company of the priests were obedient to the faith. Then is the word and grace of God greatly magnified when those are wrought upon by it that were least likely, as the priests here, who either had opposed it, or at least were linked in with those that had. The priests, whose preferments arose from the law of Moses, were yet willing to let them go for the gospel of Christ; and, it should seem, they came in a body; many of them agreed together, for the keeping up of one another's credit, and the strengthening of one another's hands, to join at once in giving up their names to Christ: polis ochlos — a great crowd of priests were, by the grace of God helped over their prejudices, and were obedient to the faith, so their conversion is described. (1.) They embraced the doctrine of the gospel; their understandings were captivated to the power of the truths of Christ, and every opposing objecting thought brought into obedience to him, 2 Co. 10:4, 5. The gospel is said to be made known for the obedience of faith, Rom. 16:26. Faith is an act of obedience, for this is God's commandment, that we believe, 1 Jn. 3:23. (2.) They envinced the sincerity of their believing the gospel of Christ by a cheerful compliance with all the rules and precepts of the gospel. The design of the gospel is to refine and reform our hearts and lives; faith gives law to us, and we must be obedient to it.Hikmat ini seperti orang yang dapat dipercaya oleh orang lain dengan uang, ia akan setia menggunakan uang tersebut tepat dan hemat. Hikmat di sini juga bisa berarti orang yang telah memahami Firman Tuhan (Mzm 119:98-100) dan orang yang takut akan Tuhan (Ams 1:7).
                        Jadi pemilihan para pelayan, diaken, ketua-ketua komisi, departemen yang dilakukan oleh gereja bukan dengan cara yang didaktor, tetapi dengan demokratis dan bukan berarti bebas mutlak. (mungkin demokrasi terarah)
                        Catatan: diaken berjumlah 7 orang (hepta – seven men) bukan berarti diaken gereja harus tujuh dan laki-laki. Ini terjadi karena pada saat itu perempuan dianggap subordinasi terhadap laki-laki, sehingga diaken harus laki-laki.Dan diaken harus berjumlah 7 orang. Sebab angka tujuh ini bukan lambang yang harus diartikan angka sempurna, seperti dalam kitab-kitab yang lain yang harus diartikan demikian.
Para diaken itu antara lain:
            Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, ia mempunyai iman yang kuat dalam ajaran Kristus, dan penuh dengan hikmat dan ternal baik,penuh kesetiaan, penuh keberanian, karena ia penuh dengan Roh Kudus, karunia-Nya dan rahmat-Nya memimpin hidupnya. Dia adalah seorang pria yang luar biasa, dan unggul dalam setiap hal yang baik; namanya menandakan sebuah mahkota.Sebab kata stephanos berarti sebuah mahkota. Nama Stefanus dijelaskan agak panjang dibanding dengan nama-nama yang lain, karena Lukas ingin menonjolkan Stefanus yang nanti akan diuraikan secara rinci oleh Lukas dalam Kisah Para Rasul 7. Nama Filipus diletakkan berikutnya, karena ia, telah menggunakan jabatansebagai seorang diakon dengan baik, dengan demikian memperoleh gelar diakon yang baik,yang kemudian dalam pasal 8 ia ditahbiskan menjadi seorang penginjil, yang menjadi teman dan asisten para rasul, begitu ia secara tegas disebut dalam pasal 21:8.Dan Filipus berkhotbah dan membaptis (8:12) yang jelas bukan sebagai diakon (jabatan yang melayani meja, bertentangan dengan kata pelayanan), tetapi sebagai seorang penginjil. Mungkin ia meninggalkan jabatan sebagai diakon karena lebih suka menjabat sebagai penginjil dan pengkhotbah. Prokhorus, Nikanor, Timon,Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.Ada  beberapa orang mengatakan, bahwa Nikalaus kemudian merosot moralnya (sebagai Yudas di antara ketujuh diakon) dan adalah pendiri sekte yang disebut aliran Nikolaus (Why. 2:6, 15), dan Kristus mengatakan hal yang dibenci. Semua nama ketujuh dari para diakon adalah nama-nama Yunani, ini berarti bahwa mereka berasal dari kelompok yang merasa diperlakukan tidak adil. Betapa bijaksananya para rasul pada saat itu. Sekalipun para rasul tidak menjabat sebagai diakon akan tetapi para rasul menyelesaikan masalah yang terjadi gereja yang kaitannya dengan pelayanan meja. Perhatikan gereja mula-mula atau para rasul menaruh hati dan peduli kepada semua orang, termasuk orang-orang miskin.Sebagai gereja atau hamba Tuhan masa kini tentunya tambah peduli dengan orang-orang yang tidak berdaya. Gereja yang sehat dan diberkati oleh Tuhan adalah gereja yang peduli akan semua orang, termasuk orang-orang miskin.
                                                                                                                            



Posting Komentar untuk "Tafsiran Kisah Para Rasul 6"