Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JANGAN TAKUT

 Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan (Yesaya 41:10).

Ada bermacam-macam hal yang menyebabkan seseorang akhirnya menjadi takut. Untuk seorang mahasiswa tentu akan takut apabila skripsinya gagal, tidak mampu membayar uang kuliah, dimarahi dosen, bagi seorang yang mencari pekerjaan pasti takut apabila lamaran pekerjaannya ditolak, dan bagi seorang pemuda yang sering kali ditolak oleh lawan jenisnya pasti mengalami takut untuk jatuh cinta kembali.

Takut memiliki pengertian defence mechanism atau mekanik bela diri. Maksudnya ialah bahwa rasa takut timbul pada diri seseorang yang disebabkan adanya kecenderungan untuk membela diri sendiri dari bahaya atau hanya perasaan yang tak enak terhadap sesuatu hal. Selain itu menurut Tallis (1991), ketidakmampuan mengendalikan pikiran buruk yang berulang-ulang dan kecenderungan berpikir bahwa keadaan akan semakin memburuk merupakan dua ciri penting dari rasa cemas. Siklus dari rasa takut sendiri dimulai dari adanya ancaman yang didapat, kemudian meningkat menjadi perasaan gelisah, meningkatkan ke perasaan tegang, kemudian stress dan terakhir depresi.

Perintah untuk "jangan takut" yang diucapkan Allah dalam Yesaya tadi memiliki dasar bahwa:

1. Allah berbicara kepada umat-Nya.
2. Sebagai hamba Allah.
3. Yang telah Allah pilih.
4. Allah memiliki tujuan-Nya.

Dalam bahasa Ibrani dikemukakan beberapa kata "jangan takut" yaitu

Ucapan Allah "Janganlah takut' tidak serta merta menghilangkan perasaan takut anda. Melainkan sebagai umat Allah, kita harus percaya kepada Allah. Di mana percaya itu berarti menyerahkan segala ketidakmampuan anda ke dalam tangan Tuhan.
Mengapa Allah mengatakan untuk "jangan takut"? Hal itu dikarenakan di dalam takut tidak ada solusi yang didapat, di dalam takut tidak ada perubahan dan justru seseorang akan mengalami stagnasi atau kemandekan.

Satu cara agar jangan takut yaitu ingatlah semua kebaikan Allah yang telah Allah perbuat kepada anda, selama anda hidup sampai saat ini.

Amin.

#nat
#needatruth



Posting Komentar untuk "JANGAN TAKUT"